Sejarah Hari Disabilitas Internasional.

Ditulis oleh: 

Andika Firnanda. 

Editor:

Fauzan Kayo Mudo.






Sejarah hari disabilitas internasional ini dikeluarkannya resolusi majlis umum PBB pada 03-12-1992 pada kegiatan The United Nations Decade of Disabled Persons. Yang diselenggarakan pada 1983 hingga 1991 untuk membahas bagaimana kesejateraan para kaum disabilitas itu dimasa akan datang.

Peringatan tahunan Hari Disabilitas Internasional ini diproklamasikan pada 1992 oleh Majelis Umum PBB.

Pada awlnya dikenal dengan “International Day of Disabled Persons” kemudian Pada 18 Desember 2007, Majelis Umum PBB menggubah nama menjadi “International Day of Persons with Disabilities”. Nama tersebut mulai digunakan secara resmi mulai tahun 2008 hingga sekarang.

Hari Disabilitas ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan. Hari ini juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap situasi para difabel di setiap aspek kehidupan, baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Sustainable Development Goals (SDGs) berkomitmen untuk "tidak meninggalkan siapa pun di belakang" dan mengakui disabilitas di lintas sektoral, serta mempertimbangkan disabilitas dalam pelaksanaan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Serta untuk menghilangkan stigma, memberi dukungan atas hak-hak untuk meningkatkan martabat, dan kesejahteraan yang diberikan kepada penyandang disabilitas.

Pada 11 Juni 2019, Sekretaris Jenderal PBB António Guterres meluncurkan Strategi Inklusi Disabilitas PBB sejalan dengan komitmen untuk menjadikan PBB organisasi yang inklusif untuk semua.

Strategi Inklusi Disabilitas PBB menyediakan landasan untuk kemajuan yang berkelanjutan dan transformatif pada inklusi disabilitas melalui semua pilar pekerjaan PBB. Melalui Strategi itu, PBB menegaskan kembali realisasi dari hak asasi manusia semua difabel adalah bagian yang tidak dapat dicabut, tidak terpisahkan, dan tidak dapat dipisahkan dari semua hak asasi manusia.

"Ketika kami memastikan hak-hak penyandang disabilitas terpenuhi, kami bergerak lebih dekat untuk mencapai janji utama Agenda 2030 - untuk tidak meninggalkan siapa pun di belakang," ujar Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.

Tema hari disibilitas tahun 2020 adalah Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World, atau membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih berkelanjutan di masa pandemi Covid-19. Sedangkan untuk tahun 2021 yaitu participation of persons with disabilities toward an inclusive, accessible and sustainable post-COVID-19 world” atau Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

Negara yang pertama kali peduli dengan kesejateraan disabilitas adalah inggris dengan ditetapkannya Pada tahun 1970, Undang-Undang Orang Sakit Kronis dan Penyandang Disabilitas yang memuat pengakuan dan hak-hak kepada penyandang disabilitas. Hak tersebut seperti bantuan kesejahteraan, rumah, fasilitas dan pendidikan.

Di Indonesia sendiri dengan ditetapkannya undang-undang penyandang cacat pada no.47 tahun 1999 yang kemudian diperbaharui dengan menetapkan undang-undang no. 8 tahun 2016.

Secara teori Indonesia sudah sangat menunjukan rasa pedulinya yang sangat besar kepada disabilitas dalam berbagai sektor. Akan tetapi dalam prakteknya masih belum terlaksana dengan baik disebabkan kurangnya pemahaman terhadap disabilitas itu sendiri oleh para pemangku dan pelaksana kebijaakan tersebut.

Pada momen peringatan hari disabilitas internasional ini diharapkan semua pihak dapat memahami apa itu disabilitas dan bagaimana meningkatkan kesejateraannya. Melalui tema yang diusung tahun ini participation of persons with disabilities toward an inclusive, accessible and sustainable post-COVID-19 world.

Selamat memperingati hari disabilitas internasional untuk para penyandang disabilitas di seluruh dunia.


Happy internasional disability day.

Komentar

Jika ada kritik atau saran dari anda. Silahkan sampaikan kepada kami

Nama

Email *

Pesan *

Copy right © 2020-2021. Gelegar Bangsa Multimedia. All rights reserved.
Foto saya
(menjadi hebat bersama orang-orang berbakat) (media seni dan edukasi)